Dari Hati Terangi Negeri Tanpa korupsi

Korupsi ...Korupsi...Korupsi

     Mungkin itulah kalimat yang akhir akhir ini kita dengar,kita lihat,kita baca di Media sosial.Ya memang begitulah faktanya Indonesia masih sulit lepas dari suatu hal yang namanya Korupsi,dan parahnya korupsi bisa muncul di berbagai sektor mana saja sehingga pada  Maret 2012, PLN menggandeng Tranparency International Indonesia (TII) untuk bersama-sama melakukan reformasi sistem pengadaan barang dan jasa serta pelayanan pelanggan di PLN agar terbebas dari praktek korupsi. Langkah kerjasama dengan LSM anti korupsi ini merupakan yang pertama yang pernah dilakukan oleh BUMN di Indonesia. Bekerjasama dengan Transparency International Indonesia (TII), Nur Pamudji aktif berbicara di forum-forum nasional dan internasional membawakan tema anti korupsi dan praktek pencegahan korupsi yang tengah berjalan di PLN.(www.pln.co.id)

Para mitra kerja yang terdiri dari kontraktor pelaksana proyek-proyek PLN  konsultan dan para mitra kerja yang lain diajak serta untuk menandatangani deklarasi inisiatif bersama (collective action initiative) melawan korupsi yang berisi komitmen bersama antara PLN dan para vendor-nya dalam sebuah dokumen deklarasi "PLN Bersih No Suap". Melalui collective action ini PLN mempromosikan kompetisi yang tidak tercemar oleh praktek suap dan memastikan bahwa perusahaan berperilaku jujur dan etis sebagai komitmen dalam mewujudkan budaya tranparansi dalam berbisnis.(www.pln.co.id)

Adapun deklarasi inisiatif bersama (collective action initiative) tersebut berisikan butir-butir sebagai berikut:
1. Tidak akan melakukan segala tindakan yang dapat dikategorikan sebagai korupsi menurut UU Nomor 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa pelayanan publik yang dilaksanakan PLN. Tindakan tersebut meliputi korupsi, nepotisme, gratifikasi, mark up, pemberian hadiah, konflik kepentingan dan pemerasan.
2. Menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan berpegangan pada prinsip transparansi dan efisiensi dalam penggunaan aset negara.
3. Menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan mengikuti proses legal formal juga menekankan pada prinsip efisiensi.

     Dari komitmen PLN BERSIH NO SUAP itulah muncul suatu pelayanan yang tulus kepada masyarakat yang berdampak meningkatnya citra PLN dimata masyarakat.Sebagai badan usaha Negara PLN telah menjadi contoh yang baik bagi BUMN-BUMN lainya dengan adanya komitmen untuk anti korupsi yang memang menjadi hal yang berat  untuk dihilangkan.

     Hasilnya pun bisa langsung saya lihat saat ada petugas PLN yang sedang memperbaiki tiang listrik yang rusak.karena ditempat kami listrik adalah hal yang sangat berharga jadi saat listrik mati dan ada petugas PLN yang memperbaikinya tidak sedikit warga yang melihat dan tidak sedikit pula warga yang hendak memberi imbalan kepada petugas karena telah berjasa memperbaiki fasilitas listrik kami.tapi saat itu kami kaget dengan penolakan imbalan oleh petugas PLN di tengah maraknya praktek korupsi di negara ini,sungguh cerminan komitmen PLN BERSIH NO SUAP

    Dengan komitmen itulah yang akan membuat semakin maju nya PLN dan BUMN lainya yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Negara yang kita cintai ini

Tulisan ini dibuat dalam rangka mendukung program PLN Bersih yang digagas dan dijalankan PLN melalui aksi #BloggerBicara. Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blogger Dukung PLN Bersih yang diselenggarakan oleh PLN bekerjasama dengan BLOGDetik.



Refensi:Artikel internet, Deklarasi PLN Bersih, http://www.pln.co.id/?p=7092

1 komentar:

Kormel S mengatakan...

Tulisannya bagus sis, PLN Bersih perangi korupsi...

Posting Komentar