Hati-hati, Gagal Komunikasi Bisa Jadi Patah Hati

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam menjalani sebuah hubungan. Karena cinta yang dirintis akan bisa dijembatani dengan sebuah jalinan komunikasi yang baik. Namun, realitanya, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Ironisnya, itu juga terjadi dalam kehidupan berumahtangga.
Tanpa disadari sebuah kebohongan kecil yang Anda simpan dan terus menumpuk bisa berpotensi menyebarnya virus kecurigaan pada pasangan. Anda mungkin berhasil berbohong sekali, tetapi jangan pikir Anda akan lolos dalam kebohongan-kebohongan berikutnya.
Jangan pernah berjalan pada sebuah hubungan yang dilandasi dengan kebohongan. Segeralah bicarakan berdua jika ada sesuatu yang mengganjal di hati tentang apapun dan segera mencari solusi untuk menyelesaikannya.
Pun, pakar hubungan cinta, Virginia Clark pernah berpesan, jika ingin hubungan Anda dan pasangan tidak berakhir, mulailah belajar untuk mendengarkan pasangan. Jangan pernah merasa selalu besar dan ingin didengarkan. Sikap saling peduli untuk mau mendengarkan apa yang diutarakan Anda dan pasangan adalah bukti Anda berdua berada pada tahap saling menghargai.
Selain itu, saling mendengarkan akan mempertemukan Anda dengan keseimbangan. Dengan begitu, Anda bisa saling instrospeksi diri, bukan saling berpegang pada pendapat masing-masing.
Semua orang tumbuh dalam budaya yang 'mendewasakan cara bicara' mereka. Ada yang begitu ceplas-ceplos, ada juga yang sangat pandai dalam menempatkan diri saat berbicara. Namun tak ada yang benar-benar suka dengan kata-kata kasar, apalagi bila itu keluar dari mulut pasangan.
Saat Anda mengucapkan kata kasar pada pasangan Anda, maka saat itu sudah ada lubang di hati yang tak akan terhapus dan tak akan ia lupakan. Mungkin hidup dalam cacian akan membuat Anda lebih kebal dengan omongan satu sama lain. Namun juga menjauhkan Anda dari cinta yang sesungguhnya.
Ladies, jangan ragu untuk berkata jujur pada pasangan. Jangan lelah untuk saling mendengarkan. Jangan tabu meminta maaf bila memang Anda melakukan kesalahan. Semoga tips ini bisa membuat Anda lebih bijak berkomunikasi dengan pasangan.

0 komentar:

Posting Komentar