Campuran minuman Sehat kaya Serat untuk Buka Puasa


Untuk menjaga sistem pencernaan dan kekebalan tubuh tetap baik, diperlukan banyak konsumsi serat saat puasa. Tidak perlu menyiapkan hidangan kaya serat yang rumit, asupan serat bisa dimulai dari minuman yang manis dan segar.

Ternyata beberapa tambahan pembuat minuman yang biasa dipakai meracik es campur punya kandungan serat yang tinggi. Karenanya jangan lupa campur kan bahan tambahan ini untuk mencegah sembelit dan memberi rasa kenyang lebih lama.



Cincau Hitam

Cincau bertekstur lembut dengan sentuhan akhir rasa pahit ini terbuat dari daun M. palustris dari genus Mosena. Daun cincau yang sudah direndam air dan diremas-remas didiamkan beberapa jam untuk mendapatkan tesktur seperti jelly. Per 100 gram cincau hitam mengandung 122 kkal energi, 6 g protein, 1 g lemak, dan 6,23 g serat.

Cincau Hijau
Berbeda dengan cincau hitam, varian cincau hijau terbuat dari daun pohon Cylea barbata Myers yang masih satu famili dengan daun mint. Selain kenyal dan nikmat, cincau hijau juga terkenal bisa menurunkan tekanan darah, demam, dan menghindari sembelit. Dalam 100 gram cincau hijau mengandung 122 kcal, protein 6 gram, dan 6,23 gram serat.
Agar-agar
Bubuk agar-agar berasal dari ekstrat rumput laut, khususnya adalah algae merah atau Rhodophyta yang dikeringkan. Kandungan serat yang tinggi dalam agar-agar dikarenakan bahan pembuatnya tersebut. Dalam 100 gram agar-agar mengandung kurang lebih 23,59 kcal, 5,92 gram karbohidrat, dan 5,88 gram serat.
Rumput Laut
Bahan rumput laut yang biasanya dijadikan campuran es berjenis Eucheuma cottonii. Konsumsi rumput laut dikenal mendatangkan banyak manfaat seperti mengencangkan kulit, meningkatkan fungsi pencernaan, dan menurunkan tekanan darah. Dalam 100 gram rumput laut mengandung kalori 226 kcal, protein 0,73 gram, kalsium 671 mg, dan serat 0,5 gram.


0 komentar:

Posting Komentar