Air Putih : Rahasia Tiongkok untuk hidup sehat


Salah satu pepatah tiongkok menyebutkan bahwa 
Air punya karakter paling mulia,
Memberi kehidupan pada semua tanpa bersaing,
Berada ditempat paling rendah, uang tidak disukai orang,
Maka karakter air, sudah mendekati prinsip Dao"
( Lao Zi, Dao  De Jing, Bab 8 )

Minum air putih sangat dianjurkan untuk anda, Anda sebaiknya mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas ( 1600 ml ) sehari, Karena dengan mengkonsumsi banyak air putih, akan menghasilkan detoksikasi dengan cara ekonomis dan alamiah.  Zat zat kotor ( waste), dari sisa hasil katabolik didalam darah, dibuang melalui  keringat, dan pada saat buang air kecil ataupun saat buang air besar.
Banyak minum air putih sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan. Air putih juga dapat mengencerkan kekentalan darah, dan mampu mampu membantu pelunakan kotoran padat didalam usus besar.
Tips mengkonsumsi air putih yang baik :
Jangan minum air putih terlalu panas atau terlalu dingin ( es)
Suhu ideal untuk mengkonsumsi air putih berkisar 22 derajat celcius, dan bukan air es. Air bersushu 22 derajat, setelah masuk ke lambung usus akan dihangatkan oleh suhu tubuh menjadi 37 derajat celcius, sama dengan suhu badan. Dengan kata lain tubuh harus mengeluarkan kalori untuk menghangatkan air dingin tersebut
2.       Minum di malam hari, cara efektif menghindari serangan jantung di pagi hari
Jika tengah malam anda terbangun untuk buang air kecil lebih dari dua kali, air didalam tubuh anda menjadi berkurang lebih dari 5 liter. Oleh karena itu, darah menjadi relatif lebih kental, dan ini tidak baik bagi penderita jantung koroner. Setelah buang air kecil pada tengah malam, sebaiknya anda minum 1-2 gelas air sebagai kompensasi air tubuh yang telah terbuang melalui air seni. Ini adalah cara efektif untuk terhindar untuk terhindar dari serangan jantung mendadak dipagi hari.
3.       Minum di pagi hari, baik untuk kulit
Saat bangun pagi, sebaiknya anda minum air putih minimal dua gelas. Selain berfungsi mengencerkan kekentalan darah, air putih juga dapat mengurangi bau mulut, melancarkan buang air besar dan membantu melembabkkan permukaan kulit tubuh agar tidak menjadi kering.
4.       Terlalu banyak minum saat makan, bisa menganggu pencernaan
Saat atau sesudah makan, sebaiknya anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi air putih, apalagi air es. Hal ini akan sangat mengganggu proses pencernaan, karena minum banyak air saat atau sesudah makan, dapat mengencerkan  asam lambung dan enzim yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan
5.       Air hangat, dapat mengurangi nyeri lambung
Bagi para penderita gangguan asam lambung, sebaiknya anda segera minum segelas atau dua gelas air putih hangat, untuk mengencerkan ( dilute ) asam lambung yang berlebihan. Air hangat mampu  mengubah asam lambung yang pekat menjadi encer, dan tidak terlalu merangsang dinding lambung lagi. Cara ini merupakan cara tradisional yang efektif dan ekonomis. Cara ini sering digunakan masyarakat Tiongkok untuk mengurangi nyeri lambung dan terbukti sangat bermanfaat. Saat anda flu berat, selain istirahat total, anda sebaiknya minum banyak air putih, vitamin B Complex dan vitamin C dosis tinggi, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Anda juga perlu tahu, bahwa hasil metabolisme didalam tubuh banyak meninggalkan “racun” dan bakteri didalam tubuh kita. Racun dan bakteri tersebut dapat mengakibatkan tubuh kita terserang penyakit yang akut dan kronis tertentu. Oleh karena itu, kita perlu mngeluarkan racun dan bakteri dalam tubuh setiap hari  tanpa berhenti, proses ini disebut detoksikasi.


0 komentar:

Posting Komentar