Tips : Menghindari Rabun Jauh


Rabun jauh atau  miopi adalah kondisi dimana sinar yang masuk kemata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina, sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur. Istilah miopi sendiri baru dikenal pada sekitar abad ke-2, yang mana terbentuk dari dua  kata, yaitu meyn : menutup dan ops : mata.
Ini memang menyiratkan salah satu ciri - ciri penderita miopi, yaitu suka memicing - micingkan matanya, ketika melihat sesuatu yang baginya nampak kurang jelas, karena dengan cara ini, akan terbentuk debth of focus didalam bola mata, sehingga titik fokus yang tadinya berada didepan retina, akan bergeser kebelakang mendekati retina.
Ada bebrapa cara untuk mencegah terjadinya rabun jauh, yang sifatnya eksternal atau sebab dari kebiasaan yang dilakukan.
1.        Jangan membaca terlalu dekat, minimal jarak membaca anda adalah sepanjang siku. atau sekitar 30 cm.
2.      Usahakan membacalah diruangan yang cukup terang. Usahakan membaca pada ruangan yang cukup mendapatkan cahaya penerangan, agar mata tidak terlalu tegang atau kaku.
3.      Jangan membaca sambil tiduran, kita seringkali membaca sambil tiduran, entah dikursi, di sofa lantai atau di tempat tidur. Padahal membaca sambil tiduran merupakan salah satu penyebab utama mata menjadi rabun. Hal ini dikarenakan retina dan kornea mata menangkap cahaya terbalik ketika mata dalam posisi keatas, sehingga pantulan cahaya jatuh dibelakang retina, dan akan membuat mata akan terasa ebih perih.
4.      Hindari menonton TV, komputer atau main playstation terlalu dekat secara terus menerus, 
5.      Lihatlah objek yang jauh, dari sebuah penelitian membuktikan, bahwa pancaran sinar matahari bermanfaat untuk membatasi bola mata yang dapat menyebabkan miopi atau rabun jauh. Itu sebabnya para bayi atau balita usia 0-3 bulan seringkali dijemur pada pagi hari. Hal ini akan membantu sel - sel dan syaraf tubuh, agar berkembang dengan baik dan memberi rangsang terhadap otot, otak dan mata. Tidak hanya itu, dalam suatu perbandingan antara anak - anak yang suka bermain diluar dan didalam ruangan, ternyata hampir 80 persen ,mereka yang hanya aktif didalam ruangan lebih rentan terkena rabun jauh.
6.      Yang terakhir, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata anda.
Semoga bermanfaat, Salam sehat selalu..:)


0 komentar:

Posting Komentar