Apa itu IT Literacy ?

IT literacy adalah suatu kemampuan untuk memanfaatkan sarana teknologi secara tepat guna dan maksimal, sehingga beragamnya aplikasi aplikasi dan system yang berkembang saat ini tidak hanya menjadi trend namun juga dapat bermanfaat bagi semua kalangan. 
Pemanfaatan IT Literacy tidak hanya berbasis pada data yang berbentuk tulisan atau teks saja, namun juga pemanfaatan data berupa video, suara, animasi, pemanfaatan networking dan sebagainya.
Dalam  perkembangannya konsep IT Literacy diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan praktis, seperti dalam dunia pendidikan misalnya pembekalan siswa atau mahasiswa baru.Untuk menyikapi teknologi yang saat ini terus berkembang, maka kita perlu memiliki skill atau kemampuan IT Literacy yang dimaknai sebagai kemampuan untuk mengenali adanya kebutuhan informasi dan kemampuan untuk menempatkan, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif.
Beberapa contoh pemanfaatan IT Literacy dalam dunia pendidikan diantaranya yaitu, penggunaan media pembelajaran berupa video, sehingga proses pembelaran yang tadinya hanya menggunakan papan tulis ( tulisan / teks ) sebagai media utamanya berubah menjadi lebih menarik dengan menggunakan video ( yang didalamnya terdapat unsur animasi gambar, suara dan bahkan juga dilengkapi tulisan ), sehungga tujuan dari pembelajaran dapat diterima dengan lebih maksimal. Misalnya lagi penggunaan sistem ujian Online, dengan sistem ini peserta/pengawas ujian tidak perlu datang ke tempat dilaksanakannya ujian pada waktu yang telah ditentukan, sehingga efisiensi didapatkan, karena dapat dilakukan darimana saja.

0 komentar:

Posting Komentar